Kamis, 11 Oktober 2012

DEALER MOBIL : Varian terbaru dari Mitsubishi SUV 2012


Dealer Mitsubishi Indonesia punya dua produk baru yang akan dipasarkan semester kedua 2012. Masing-masing Mirage mengisi segmen city car dan Outlander Sport menyasar segmen crossover.

Pelepasan Mirage di Indonesia bergantung pada peluncuran perdana yang rencananya dilakukan di Thailand, April 2012 (mundur sebulan). "Sepertinya, baru pada semester dua tahun depan. Bisa lebih dari tiga bulan terpautnya," ujar Tetsuya Katori, Unit Head of Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)



Mirage dipastikan bakal diimpor utuh (completely built up) dari Thailand. Pilihan Mitsubishi ini terbilang logis karena Indonesia dan Thailand masuk dalam perjanjian perdagangan bebas AFTA (ASEAN Free Trade Area) sehingga kegiatan ekspor-impor tak dikenakan pajak bea masuk.

Untuk patokan harga jual Tetsuya mengatakan, bandrol Nissan March Rp141, 1 juta di Indonesia bisa menjadi acuan. "Harganya tak akan terpaut jauh dari March, tinggal kami menekankan kelebihan Mirage," lanjut Tetsuya.


Untuk Indonesia, Mirage akan dibekali mesin 1,2 liter dengan target konsumsi bahan bakar di atas 20 kpl. Berbeda dengan yang dipasarkan di Jepang, global small car Mitsubishi ini akan menanggalkan peranti pengirit bahan bakar (sistem stop/start) dan hanya mengandalkan continuously variable transmission (CVT).



Sedangkan untuk Outlander Sport, KTB berencana menyiapkan pabrik baru untuk merakit CKD juga mulai paruh kedua tahun depan. Keputusan ini dilakukan untuk memangkas bea masuk 40 persen kalau harus memasok CBU dari Jepang. "Kalau dengan CKD pajaknya lebih kecil (15 persen)," cetus Tetsuya.

Crossover ini dibekali mesin 2.000 cc 16 Valve Inline DOHC MIVEC yang menghasilkan tenaga maksimum 150 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 20,1 kgm pada 4.200 rpm. Mitsubishi mengklaim, konsumsi bahan bakar tercatat 15,2 km/L untuk jenis 2WD dan 15.0km/L untuk model 4WD.

"Outlander Sport akan mengisi segmen di bawah Pajero Sport. Untuk patokan harga sekitar Rp300 jutaan, pastinya di bawah kompetitor (Honda) CR-V," lanjut Tetsuya.

KTB mau meluncurkan Outlander Sport dan Mirage di ajang Indonesia International Motor Show yang dihelat September 2012. Ajang ini menjadi pilihan yang tepat karena bisa menciptakan animo sekaligus ajang promosi untuk produk-produk baru .


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar